Tata Cara dan Keutamaan Puasa Arafah


Puasa arafah adalah Salah satu amalan utama di awal Dzulhijjah (tanggal 9 Dzulhijjah) yang di tandai dengan para jamaah haji yang berwukuf di padang arafah, pada tahun ini pelaksnakan wukuf atau puasa arafah ini jatuh pada tanggal 31 Agustus 2017. 
Pada hari itu disunnahkan untuk semua ummat islam (kecuali yang melaksanakan ibadah haji) untuk melaksanakan puasa arafah. Puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya tidak ditinggalkan seorang muslim pun. 

Pendapat lain mengatakan bahwa puasa Arafah menjadi pengganti ibadah haji bagi orang-orang yang belum mampu melaksanakannya, baik secara materi maupun waktu. 

Namun begitu, puasa ini bersifat sunnah, artinya barang siapa berpuasa mendapatkan pahala dan jikalau ditinggalkan tidak berdosa. 

Dalil Disunahkannya : 

- Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ 

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162) 

- “Sesungguhnya Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam pernah di tanya tentang (keutamaan) puasa pada hari Arafah?” Maka beliau menjawab, “Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan tahun yang sesudahnya” (HR. Muslim no 1162 dalam hadist panjang). 

Do'a Niat Puasa Arafah : 

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى 

"Nawaitu sauma arofah sunnatan lillahi ta'ala" 
Artinya : Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala. 

Keutaman Puasa Arafah : 

- Menghapuskan Dosa Selama Dua (2) Tahun 

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan, sunnah muakad. Puasa Arafah memiliki keutamaan yang luar biasa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut yang artinya : Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya.” (HR. Muslim). 

Demikianlah keutamaan puasa Arafah: ia dapat menghapuskan dosa selama dua tahun. Yakni dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya. 

- Pembebasan Dari Api Neraka 

Diantara keutamaan hari Arafah adalah pembebasan dari api neraka. Sebagian ulama menjelaskan bahwa pembebasan dari neraka pada hari Arafah diberikan Allah bukan hanya kepada jamaah haji yang sedang wukuf, melainkan juga untuk kaum muslimin yang tidak sedang menjalankan haji. 

Terlimpahkannya ampunan Allah terhadap dosa selama dua tahun melalui puasa Arafah sangat terkait dengan keutamaan kedua dari berpuasa suunah di bulan Dzulhijah ini. 

Dalil hadist tentang pembebasan dari api neraka ketika melaksanakan puasa hari arafah adalah sebagai berikut : "Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arofah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?" (HR. Muslim). 

- Terkabulnya Doa 

Keutamaan lain puasa Arafah adalah kemustajaban doa. Secara umum doa orang yang berpuasa akan dikabulkan oleh Allah. Ditambah lagi dengan keutamaan waktu hari Arafah yang merupakan sebaik-baik doa pada waktu itu, maka semakin kuatlah keutamaan terkabulnya doa orang yang berpuasa Arafah pada hari itu. 

"Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu)." (HR. Tirmidzi). 

Demikianlah penjelasan mengenai puasa arafah, dari segi puasa, puasa arafah tidak beda dengan puasa puasa yang lain hanya yang membedakannya adalah niat, sedangkan keutamaannya puasa arafah adalah di hapuskannya dosa selama 2 tahun (tahun yang lalu dan yang akan datang), di bebaskan dari api neraka dan terkabulya do'a. 

Wallohu a'lam bisowwab.

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon